Jakarta, INDONESIA – 9 Mei 2019 – Supermarket finansial Asia, GoBear, mengumumkan pendanaan sebesar 80 juta dolar AS yang sudah dikeluarkan hingga saat ini. GoBear akan menggunakan dana tersebut untuk mendorong pertumbuhan melalui peningkatan produk dan teknologi, memperluas jaringan mitranya, dan mengisi peran-peran penting. Peningkatan fungsi pencarian dan pencocokan pada platform ini juga akan mencakup dua pendekatan strategis: kemitraan dan investasi pada perusahaan-perusahaan teknologi lainnya, guna memperoleh akses ke teknologi utama tambahan. Suntikan dana ini dikucurkan oleh Walvis Participaties, perusahaan modal ventura asal Belanda, dan Aegon N.V, penyedia layanan keuangan terkemuka.
GoBear adalah supermarket finansial yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan keuangan Asia dengan menghadirkan literasi keuangan, inklusi keuangan, dan keamanan finansial untuk semua orang. GoBear telah melayani lebih dari 40 juta pengguna di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Mitra-mitra GoBear adalah lembaga keuangan, bank, dan penyedia asuransi terkemuka seperti Allianz Worldwide Partners, Citibank, FWD Insurance dan Standard Chartered Bank.
Adrian Chng, CEO GoBear mengatakan, “Putaran pendanaan terbaru ini akan diinvestasikan ke area prioritas kami seperti produk, teknologi, manajemen senior, dan kemampuan teknis. Kami juga sangat tertarik untuk bermitra dan/atau berinvestasi pada perusahaan-perusahaan teknologi lain yang telah mengembangkan teknologi-teknologi baru dan menarik guna meningkatkan ekosistem dan kemampuan kami dalam meningkatkan kesehatan keuangan masyarakat. Area-area spesifik diantaranya adalah solusi orientasi dan pemenuhan pelanggan, manajemen keuangan pribadi, penilaian kredit alternatif, pendidikan finansial, dan platform investasi.” Peluang di wilayah Asia didorong oleh beberapa perkembangan besar yang saling terkait: pertumbuhan ekonomi yang mengalahkan dunia, urbanisasi yang pesat, kelas menengah yang bertumbuh cepat dan terus bergerak (mobile). Ekonomi digital di Asia sendiri diproyeksikan akan mencapai 270 miliar dollar Singapura pada tahun 2025[1].
Di saat yang sama, banyak produk dan layanan konsumen tetap tidak relevan dengan generasi mobileini, dan transaksi tunai adalah hal yang biasa. Prevalensi ekonomi berbasis uang tunai membatasi akses keuangan konsumen karena tanpa profil keuangan pribadi, lembaga keuangan tidak dapat menilai dan menentukan risiko pelanggan, serta mengevaluasi kesesuaian produk.
“Tujuan GoBear adalah untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda. Kami ingin konsumen membuat pilihan yang tepat akan produk-produk keuangan pribadi, termasuk asuransi, pinjaman, dan kartu kredit, dengan cara yang sederhana dan transparan. Produk, teknologi, dan mitra keuangan kami memungkinkan pengguna untuk mencari produk keuangan, dan menemukan yang paling cocok dengan tujuan pribadi mereka” ujar Tris Rasika, Country Director, GoBear Indonesia.
GoBear Indonesia menjalin kemitraan yang kuat dengan lembaga-lembaga keuangan terkemuka, seperti Standard Chartered Bank, Bank Amar (Tunaiku) dan layanan asuransi Futuready. GoBear Indonesia terus memperluas kemitraannya dengan berbagai bank, perusahaan asuransi, dan lembaga keuangan.
Pasar Indonesia menghadirkan peluang ekspansi yang unik bagi GoBear Indonesia. Dengan populasi sebanyak 260 juta orang, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, dan diperkirakan akan memiliki 215 juta pengguna internet pada tahun 2020, menurut laporan gabungan Google-Temasek[2]. Dengan lebih dari 95 juta orang dewasa Indonesia yang belum memiliki rekening bank, GoBear Indonesia memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan keuangan yang tepat dan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.
GoBear sangat menantikan kesempatan untuk menciptakan infrastruktur dan ekosistem guna meningkatkan kesehatan keuangan bagi ratusan juta pelanggan di seluruh Asia. GoBear akan memanfaatkan kemampuan produk, teknologi, dan datanya sebagai pendorong utama dalam menilai dan menetapkan risiko, yang akan membantu para mitra agar lebih memahami preferensi konsumen berdasarkan profil dan jejak digital mereka. Dalam perjalanan ini pula, konsumen mengalami suatu pengalaman digital yang lebih efisien dan unggul sekaligus memperoleh kecocokan terkait produk yang paling relevan untuk kebutuhan mereka.
*****
Tentang GoBear
GoBear adalah supermarket keuangan terkemuka di Asia yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda. GoBear memberdayakan konsumen dengan pengetahuan, tools, dan produk keuangan guna memenuhi kebutuhan mereka. Kami meyakini bahwa kesehatan finansial mengarah pada masyarakat yang aman, stabil, dan berkelanjutan di seluruh Asia. Itulah sebabnya misi kami adalah untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda dengan menghadirkan literasi keuangan, inklusi keuangan, dan keamanan finansial yang dapat dicapai oleh semua orang.
Supermarket keuangan kami tengah mengembangkan kemampuan, penawaran produk, dan basis pelanggan secara pesat. Kami adalah pemimpin fintech yang menghadirkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan-tantangan utama pasar lokal. Data dan wawasan kami membuat kami dapat mengembangkan produk yang lebih baik, menilai dan menetapkan risiko dengan lebih baik, bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan akses ke produk keuangan, serta mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan konsumen.
Bermula di Singapura sejak awal tahun 2015, layanan kami kini tersedia di 7 negara: Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Hingga saat ini, kami telah melayani lebih dari 40 juta pengguna yang mencari lebih dari 1.800 produk keuangan pribadi.
[1] Driving digital into the heart of Asia’s financial services industry, Ernst & Young, 2018
[2] https://www.thejakartapost.com/academia/2016/08/09/indonesia-se-asias-digital-powerhouse.html