Pengantin Tebu Diarak, PG Pangkah Targetkan Giling 4.040 Ton Gula

Sharing is caring!

PANGKAH – Pabrik Gula (PG) Pangkah Kabupaten Tegal memulai musim giling tahun 2018. Produksi gula ditargetkan mencapai 4.040 ton.

Asisten Kepala Teknik PG Pangkah Angga Abiyanto mengatakan, tantangan pabrik gula pada musim giling tahun ini lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, dia optimistis target produksi gula bisa tetap tercapai.

“Musim giling tahun 2018, sesuai Rencana Kerja Anggaran Perusahaan, target produksi gula kami 4.040 ton,” kata Angga, usai acara Resepsi Selamatan Giling 2018, Rabu (9/5).

‎Jumlah produksi tersebut didapat dari pasokan 1,6 juta tebu dengan lama proses penggilingan selama 110 hari. Adapun target rendemen dipatok sebesar 7,5 persen. Lebih tinggi dari rendemen musim giling tahun lalu. 

“Tahun kemarin (rendeman) realisasinya di angka 6. Tahun ini lebih tinggi. Alhamdullah potensi rendeman lebih tinggi. 3-4 hari ini panas juga sudah mulai keluar. Jadi kami berdoa target kami bisa tercapai,” ujar Angga yang juga ketua panitia acara.

Diakui Angga, ‎jumlah pasokan tebu dari petani berkurang. Namun hal itu tidak berpengaruh terhadap target produksi gula yang ditetapkan. “Jumlah tanaman tebu tidak berkurang banyak. Selain itu juga ada yang tanam baru,” kata dia.

Menurutnya, pasokan tebu yang digiling selain didapat dari lahan tebu petani di wilayah PG Pangkah, juga dari lahan tebu yang biasanya dipasok ke PG Jatibarang, Brebes. “Karena dari PG Jatibarang off jadi tebu dari sana juga digiling ke sini,” sebut Angga.

Sementara itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, dimulainya musim giling 2018 di pabrik gula yang sudah berdiri sejak 1832 itu ditandai dengan ‎kirab temanten tebu. Sepasang pengantin tebu bernama Bagus Prakoso Adhitama dan Arum Laras Madu itu diarak di kawasan pabrik dengan iringan rebana dan selanjutnya dimasukkan ke mesin untuk digiling.

Tradisi yang sudah menjadi agenda rutin tahunan tersebut sebagai upaya agar musim giling tebu tahun ini bisa berjalan lancar dan menghasilkan produksi gula yang baik.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *