Apa itu Press Release?

Sharing is caring!

AllRelease.id – Press Release atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Siaran Pers, juga disebut pernyataan media, rilis berita atau rilis media, biasanya merupakan berita singkat yang ditulis oleh seorang praktisi public relations atau hubungan masyarakat profesional, yang bertujuan untuk dikirim ke media-media yang ditargetkan.

Dalam komunikasi yang informatif ini, penulisan siaran pers harus baik dan bersih, serta menghindari penggunaan bahasa yang terlalu formal dan penuh bumbu-bumbu, hiperbolik, flowery language, atau dalam istilah sekarang disebut lebay.

Siaran pers belum tentu menjadi alat pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan atau artikel berita yang dipenuhi fakta. Press release harus memberikan jawaban untuk pertanyaan 5W1H (apa, di mana, kapan, mengapa, siapa dan bagaimana) tentang berita tersebut pada paragraf utama. Unsur 5W1H menjadi wajib dalam sebuah siaran pers yang akan menjadi berita. Dalam siaran pers yang ditemui AllRelease.id, seringkali unsur ini kurang lengkap di paragraf awal.

Pesan utama dalam judul dan subjudul harus dikomunikasikan dengan cara untuk menyinggung kepentingan media atau target audiens. Siaran pers merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan, brand, lembaga, individu atau projek tertentu kepada media untuk ditampilkan ke publik dalam wujud berita. Oleh karenanya, siaran pers menjadi salah satu alat paling umum yang digunakan dalam hubungan dari sumber berita dengan media. Banyak disukai dalam kegiatan hubungan masyarakat, alat komunikasi ini berkontribusi untuk membangun persepsi dan reputasi yang dimaksud di antara target audiens. Siaran pers tidak melalu berupa berita, namun juga bisa dalam bentuk pernyataan pers dan peringatan media.

Siaran pers biasanya merupakan salinan berita satu halaman, namun terkadang hingga dua halaman yang digunakan untuk memberikan informasi atau mengumumkan beberapa fakta kepada target audiens.
Oleh karena fungsinya sebagai pembawa berita, maka siaran pers tidak dimaksudkan sebagai iklan atau untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, di dalam siaran pers tidak boleh menggunakan kata-kata pujian atau gaya sapaan yang akrab ke konsumen. Selain itu, siaran pers memiliki format dan pedoman standar, sehingga tidak boleh asal tulis.

Perlukah Foto di Siaran Pers
Dalam siaran pers, seringkali hanya menampilkan teks tanpa disertai dengan foto pendukung. Sebenarnya siaran pers tanpa foto tidak menyalahi aturan. Namun demikian hal ini juga tergantung dari topik siaran pers tersebut, apabila berupa peristiwa atau peluncuran produk maka wajib untuk menyertakan foto-foto yang menjelaskan secara visual. Meskipun sejumlah media memiliki reporter dan fotografer yang dapat mengabadikan foto, ketersediaan stok foto di dalam siaran pers tetap perlu dan penting. Hal ini berguna bagi media yang tidak bisa melakukan peliputan langsung dan hanya mengandalkan siaran pers saja untuk pemberitaan.

Apabila media memerlukan foto dengan ukuran resolusi besar (biasanya media cetak) maka pihak pengirim siaran pers harus siap untuk menyuplainya. Pengiriman siaran pers dengan foto melalui e-mail terkadang memiliki kendala dalam hal ukuran file yang besar. Untuk mengatasinya, pengirim siaran pers dapat menggunggah foto rilis di layanan cloud seperti GDrive, Dropbox, dan lainnya.

Selain berbentuk teks, siaran pers juga bisa dalam wujud visual (foto, video, infografis). Namun kesemuanya memilki tujuan sama yakni mengumumkan informasi, peristiwa, strategi dan situasi kepada media
yang layak untuk diberitakan.

Persyaratan Siaran Pers
Siaran pers dapat didistribusikan secara mingguan atau bulanan, atau untuk mengumumkan acara tertentu kapan saja. Oleh karena sifatnya sebagai berita, maka press release harus objektif sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalisme dengan konten yang up-to-date alias terkini dan dapat diandalkan serta dipertanggungjawabkan ke publik.

Teks yang membentuk siaran pers harus berisi informasi tentang peristiwa baru, berbeda, dan terkini, menyebutkan orang-orang penting berikut jabatannya dalam sebuah acara. Selain itu, isi siaran pers harus relevan dengan target audiens , termasuk elemen pendukungnya. Rilis media juga bisa untuk memberikan informasi ilmiah, sains, medis, ekologis, CSR, dan lainnya sepanjang beritanya benar-benar fresh from the oven.

Yang tidak kalah penting adalah Boiler Plate atau sub “Tentang Brand” yang letaknya dibagian bawah siaran pers. Bagian ini akan menjelaskan mengenai brand, lembaga, atau institusi yang berada di balik siaran pers tersebut.

Terakhir, contact person atau orang / perwakilan dari pengirim siaran pers yang dapat dihubungi oleh media dengan mudah. Di bagian ini perlu disebutkan mengenai nama orang, jabatan, institusi, nomor telepon dan email yang bisa dihubungi.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam mempersiapkan siaran pers yang baik dan benar.

Disarikan AllRelease.id dari berbagai sumber.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *