Jalin Kerjasama dengan Kementerian Perhubungan XL Axiata Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Sharing is caring!

Bekasi, 25 April 2019. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melanjutkan kerjasama dalam sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Melalui kerjasama ini, kedua pihak bahkan mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di tengah masyarakat. Suatu pelatihan dan pendidikan Pelajar Pelopor Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yang digelar pada 22- 25 April 2019 di Bekasi, Jawa Barat. Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi membuka program pelatihan yang di dalamnya antara lain memanfaatkan sarana digital berupa materi bahan belajar yang dibangun oleh XL Axiata.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan, “XL Axiata berkomitmen terus mendukung program sosialisasikan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Bagaimanapun juga masalah keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan merupakan persoalan bersama yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak, termasuk kami di XL Axiata. Melalui program Sisternet, XL Axiata menyediakan materi pelatihan kelas literasi digital berupa cara-cara memanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran akan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.”

Tri Wahyuningsih menambahkan, pada program pelatihan kali ini, XL Axiata juga akan menghadirkan materi keahlian “Persuasive Presentation Skill” mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan terstruktur dalam menyampaikan ide atau pesan. Berbekal keahlian komunikasi ini, para pelajar terpilih yang akan menjadi pelopor akan bisa lebih baik dalam menyampaikan pesan atau paparan kepada teman-temannya sesama pelajar dan kelompok masyarakat yang lebih luas mengenai keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.  

Proses seleksi peserta tahun ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum dan sekolah menengah kejuruan. Hasil seleksi peserta dengan mengangkat tema “Inovasi Dalam Peningkatan Kendaraan yang Berkeselamatan” berhasil menjaring peserta sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan dari 22 provinsi. Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah lolos seleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Berkendara” di Propinsi masing-masing.

Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website https://www.sisternet.co.id/modulpintar dimana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet.  

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *