Sinergi ANTAM dan BUMN Dalam Implementasikan Kampung Sehat BUMN di Sulawesi Tenggara

Sharing is caring!

Konawe Selatan, 9 April 2019 – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) melalui sinergi BUMN bersama DKB Shipyard and Engineering anak usaha PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS) menyelenggarakan Kampung Sehat BUMN di Desa Sabulakoa, Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara pada 9 April 2019.

Program ini dibuka Direktur Human Capital Corporate Social Responsibility (CSR) ANTAM, Johan N.B. Nababan dan turut dihadiri Asisten II Bupati Konawe Selatan, Komandan Lanud Haluoleo, Camat Sabulakoa, Manajemen ANTAM Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, Kepala Polsek Kecamatan Landono-Sabulakoa, dan Wakil Komandan Rayon Militer Landono-Sabulakoa.

Direktur Human Capital & CSR ANTAM, Johan N.B. Nababan  mengatakan:

“Kesehatan dan kebersihan merupakan beberapa sektor dalam program tanggung jawab sosial masyarakat yang menjadi perhatian kami. Melalui kegiatan kali ini yang bertajuk Program Kampung Sehat BUMN, kami berharap bisa berdampingan dengan masyarakat khususnya di wilayah Desa Sabulakoa untuk bersama-sama memperelok desa ini agar menjadi desa yang sehat serta layak bagi tumbuh kembang generasi penerus bangsa kita.”

Lebih lanjut, Johan juga mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kementrian BUMN dalam rangka perayaan HUT ke-21 Kementrian BUMN. “Kami selaku BUMN dibawah kepemimpinan Kementerian BUMN memiliki kewajiban untuk mewujudkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat baik yang berada di wilayah operasi perusahaan kami maupun wilayah lainnya,” ungkap Johan.

Program Kampung Sehat BUMN ini meliputi kegiatan Bersih-Bersih Lingkungan, Penanaman Pohon, Perbaikan Sarana dan Prasarana Umum, serta Promo Aktivasi Link Aja!.

Untuk Penanaman Pohon, ANTAM berkontribusi dengan menyediakan 500 bibit tanaman berupa Mangga, Durian, dan Terembesi. Bibit pohon ini dibagikan kepada warga setempat untuk ditanam di pekarangan rumah dan di sisi-sisi jalan.

Selain program Kampung Sehat BUMN, kegiatan ini juga diisi dengan penjualan paket pangan murah senilai Rp42.500 yang dijual seharga Rp10.000 melalui aplikasi Link Aja!.  Untuk kegiatan ini sendiri, ANTAM telah menyediakan 1.000 paket pangan. Sementara untuk Perbaikan Sarana dan Prasarana Umum, aktivitas yang dilakukan meliputi pengecatan sekolah dan tempat ibadah hingga pipanisasi penyaluran air bersih kepada masyarakat setempat.

Selain ANTAM, DKB dan SHS, program Kampung Sehat BUMN ini juga didukung oleh Jasa Raharja yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan mengerahkan satu unit Mobil Kesehatan Lalu Lintas.

 Di sisi lain, mewakili jajaran pemerintah daerah Asisten II Bupati Konawe Selatan, Armansyah menyampaikan apresiasinya terhadap program ini.

“Pemerintah daerah sangat mendukung dan antusias atas kegiatan yang digelar di Sabulakoa. Masyarakat Sabulakoa merasa bersyukur karena ditunjuk (sebagai tempat Kampung BUMN),” ungkap Armansyah.

Senada dengan Armansyah, warga Desa Sabulakoa Syamsul juga menyampaikan apresiasinya serta harapannya mengenai program serupa kedepannya. “Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas bantuannya karena terus terang ini adalah wilayah baru pemekaran dan kami tidak menyangka,” tuturnya mengenai kegiatan CSR yang belum pernah dilakukan di wilayah itu sebelumnya. “Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ANTAM kepada kami dalam rangka memeriahkan HUT Kementrian BUMN bisa bermanfaat dan berkelanjutan untuk masyarakat,” ujarnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *