Kinerja Keuangan Tahunan Indofood untuk Tahun yang Berakhir Pada Tanggal 31 Desember 2018

Sharing is caring!

  • Penjualan neto konsolidasi naik menjadi Rp73,39 triliun
  • Laba usaha naik menjadi Rp9,14 triliun
  • Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 4,17 triliun

Jakarta, 22 Maret 2019 – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood” atau “Perseroan”) pada hari ini mengumumkan kinerja keuangan tahunan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018. Perseroan membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 4,6% menjadi Rp73,39 triliun dibandingkan Rp70,19 triliun tahun lalu.

Laba usaha meningkat 5,3% menjadi Rp9,14 triliun dari Rp8,68 triliun, dan marjin laba usaha sedikit membaik menjadi 12,5%. Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk relatif stabil di Rp4,17 triliun dengan marjin laba bersih sebesar 5,7%. 

Anthoni Salim, Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood, mengatakan: “Tahun 2018 tetap menjadi tantangan bagi kami dengan kondisi harga komoditas yang kurang mendukung. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi, Indofood tetap menunjukkan ketangguhannya yang tercermin dari pertumbuhan positif baik pada nilai penjualan maupun keuntungan. Ke depannya, kami akan tetap fokus pada keunggulan daya saing kami dalam meraih berbagai peluang di pasar domestik dan ekspor untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.”

–Selesai–

Tentang PT Indofood Sukses Makmur Tbk 

Dalam dua dekade terakhir, Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari skala ekonomis serta ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut: 

Produk Konsumen Bermerek (”CBP”)
Dengan didukung oleh kekuatan merek-merek produknya, Grup CBP memproduksi beragam produk konsumen bermerek antara lain mi instan, produk dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, dan minuman. 

Bogasari
Grup ini memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta, didukung oleh unit usaha perkapalan dan kemasan. 

Agribisnis
Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pembudidayaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya. 

Distribusi
Dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup ini mendistribusikan sebagian besar produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *